Skip to main content

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Modal, Mudah dan Banyak Keuntungan!

Cara menghasilkan uang dari blog bisa jadi pemasukan lain buat kamu yang suka menulis. Apalagi caranya tidak seribet yang dipikirkan sebagian orang.

Kamu hobi menulis? Ingin mendapatkan uang tambahan untuk keperluan sekolah dari hobimu? Coba aja buat blog!

Kamu hanya perlu bermodalkan laptop atau smartphone untuk melakukannya. Selain itu, kamu juga harus memiliki kemampuan menulis blog supaya tulisanmu enak dibaca.

Setelah itu, kamu cukup mencoba cara mendapatkan uang dari blog yang akan Jaka rekomendasikan untuk kamu di bawah ini!

Persiapan Sebelum Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog 1 D2cba

Sebelum Jaka menjelaskan cara menghasilkan uang dari blog, Jaka mau kasih tahu beberapa tips untuk blogmu agar bisa mendapatkan uang lebih efektif.

Yang pertama adalah membuat blognya terlebih dahulu. Pastikan kamu memiliki nama domain yang bagus, tidak ribet, dan mudah diingat oleh orang lain.

Setelah itu, cari media yang tepat untuk menulis blog. Kalau mau yang gratisan, kamu bisa gunakan Wordpress atau sejenisnya.

Kamu juga harus menentukan niche atau topik apa yang akan kamu akan di dalam blogmu. Semakin fokus blogmu terhadap satu niche (film, musik, game), semakin bagus.

Tentu kamu harus memerhatikan core utama dari sebuah blog, yakni kualitas konten. Tambahkan juga teknik-teknik SEO untuk mengundang orang masuk ke dalam blogmu.

Blog memang sudah lama dianggap sebagai salah satu media untuk menghasilkan uang secara mudah dan cepat. Tapi pada kenyataannya, mendapat penghasilan dari blog membutuhkan effort lebih.

Kamu butuh kerja keras agar bisa meraup pundi-pundi uang dari blog. Kamu juga harus tahu cara-cara apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang dari blog.

Lantas, apa saja cara menghasilkan uang dari blog? Dilansir berbagai sumber, inilah cara-caranya!

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

1. Menggunakan Iklan CPC atau CPM

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog 2 31678

Cari paling umum untuk mendapatkan uang dari blog adalah melalui iklan. Ada dua tipe iklan yang populer di internet, yakni CPC dan CPM. Apa itu?

CPC merupakan kepanjangan dari Cost per click di mana kamu akan mendapatkan uang berdasarkan klik iklan yang terpasang di blogmu.

CPM merupakan kepanjangan dari Cost per mille atau per 1.000 impresi. Impresi sendiri adalah banyaknya orang yang melihat iklan di blogmu.

Jadi, pengunjung blogmu tidak perlu mengeklik iklan agar kamu bisa mendapatkan uang, berbeda dengan CPC yang mewajibkannya.

Salah satu layanan iklan yang paling populer untuk blog adalah dengan menggunakan Google AdSense.

Cara Mendaftar Google AdSense

Kamu bisa mendapatkan iklan tanpa perlu menghubungi pihak pengiklan, Google yang akan melakukannya untukmu. Tidak perlu khawatir, soalnya cara menghasilkan uang dari blog Google Adsense sangat mudah.

Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran Google AdSense di situs www.google.com/adsense/start dan melakukan proses registrasi seperti biasa.

Ketika proses registrasi, kamu diwajibkan untuk memasukkan alamat blog, jadi pastikan kamu sudah punya sebelum mendaftar, ya!

Setelah itu, Google akan memeriksa blog untuk mengetahui apakah layak atau tidak dipasangi iklan. Jika dianggap kurang layak, maka blog tidak akan bisa memasang iklan dari AdSense.

Jika blog kamu dianggap memenuhi persyaratan, maka Google akan memberimu semacam coding untuk dipasang di dalamnya.

Situs lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang melalui iklan CPC atau CPM adalah Infolinks dan Media.net.

2. Menggunakan Iklan Manual

Jika traffic dari webmu cukup tinggi, mungkin kamu bisa mencari calon pengiklan sendiri. Kalau sudah cukup terkenal, bisa jadi justru pengiklan yang akan menghubungimu.

Keuntungan dari metode iklan manual ini adalah tidak ada pihak perantara seperti di Google AdSense. Kamu bisa menentukan sendiri berapa biaya iklan dan lama durasi tayangnya.

Bentuk iklan manual ini bisa beraneka ragam. Bisa dalam berupa banner yang terpampang di halaman utama, bisa berupa artikel, hingga berupa link.

Syarat terpenting dari cara mendapatkan uang yang satu ini adalah kamu memiliki blog dengan traffic tinggi dan kamu mampu meyakinkan calon klien agar mau memasang iklan.

3. Menjual Produk Digital

Menjual produk digital adalah cara mendapatkan uang dari blog lainnya yang patut kamu coba.

Apalagi, sekarang banyak barang-barang digital yang sering dibutuhkan oleh orang lain, loh.

Contohnya adalah eBooks, online courses, gambar atau video, hingga aplikasi. Tentu saja barang-barang yang dijual harus yang sekiranya relevan dengan pembaca blogmu.

4. Berafiliasi dengan Orang Lain

Kalau kamu tidak punya produk untuk dijual, mungkin kamu bisa membantu orang lain berjualan. Bagaimana caranya? Dengan meletakkan link-nya di situsmu.

Misal ada temanmu yang punya lapak di toko online, kamu bisa memasang link-nya di blog dan meminta kompensasi untuk setiap produk yang berhasil dijual melalui link tersebut.

Akan tetapi, cara yang satu ini memang agak ribet dan berpotensi untuk menimbulkan kesalahpahaman.

5. Meningkatkan Kualitas SEO

Cara menghasilkan uang dari blog terakhir yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kualitas SEO blog kamu. Tujuannya adalah agar blog kamu bisa tampil di halaman pertama Google.

Nah, kalau sudah begitu, pastinya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena blog kamu jadi lebih mudah dicari sehingga bisa mendapatkan traffic yang banyak.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa membangun SEO yang baik dalam blog membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan harus sering diupdate. Tetapi, hasilnya akan sangat worth it.

Akhir Kata

Itulah kumpulan cara menghasilkan uang dari blog dari Jaka yang bisa kamu coba. Mungkin pada awalnya uang yang kamu hasilkan akan tidak seberapa.

Akan tetapi, jika kamu konsisten dan sabar, Jaka yakin lama kelamaan uang yang didapatkan pun akan semakin besar! Selain lewat blog, ada juga cara menghasilkan uang dari HP yang bisa kamu coba juga sebagai tambahan, loh.

Comments

Popular posts from this blog

15 Examples of Interests and Hobbies for the CV

15 Examples of Interests and Hobbies for the CV A type of professional document is called a curriculum, curriculum vitae (CV) or also a resume to a type of professional document in which a potential employer or contractor is provided with complete and detailed information on a person's life path , such as who they are, what they have studied, where you have worked and for how long, what talents you have, how to contact you and any other information considered relevant. As part of this information are usually personal interests and " hobbies ," that is, matters that we attend in a sporting or recreational way. And they are for a simple reason: they allow our potential employers to get a more complete idea of ​​our personal profile , attending to the things that we find pleasant, the type of activities that we enjoy or in which we show interest. Thus, for example, a fan of extreme sports may be a risk-averse person. Simultaneously, a lover of reading and cinema will have

30 Resep Takjil Untuk Berbuka Puasa Ramadhan, segar, sehat, & mudah dibuat

www.interest.my.id -  Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Biasanya banyak orang mulai mempersiapkan resep takjil buka puasa, yang akan disajikan setiap harinya. Seperti namanya takjil dalam bahasa Arab berarti menyegerakan berbuka puasa. Nah ketika berbuka puasa Ramadhan, kita disunahkan untuk berbuka dengan yang manis. Salah satu takjil berbuka puasa ini nggak hanya makanan berat saja, namun juga bisa minuman yang menyegarkan. Sajian takjil yang paling favorit yakni kolak yang memiliki rasa manis. Umumnya di bulan puasa ini, banyak penjual dadakan di pinggir jalan yang menjajakan hidangan takjil. Mulai dari es kelapa, es pisang ijo, sup buah, kopyor, es oyen tersaji lengkap bagi orang-orang yang mencari hidangan berbuka puasa. Memang setelah seharian menahan haus dan kering di tenggorokan, menjadikan takjil seperti es yang segar dan manis paling cocok untuk disantap pertama kali berbuka. Bahkan sajian ini selalu ditunggu-tunggu dan dinantikan saat momen buka puasa Ramadhan. Selain se

What should your hobbies and interests be in a job interview?

What should your hobbies and interests be in a job interview? When a potential employer asks you about your hobbies and interests outside of work, they don't want to chat. The interviewer wants to get to know you more as a person, including how complete your life is and how your thinking works, and how your personal qualities can contribute to job performance . Prepare for this kind of talk by thinking about what the employer is trying to assess with their questions. Team or self-employment If you have multiple hobbies that you enjoy alone, such as reading, painting, writing, or gardening, your hiring manager may see you as independently motivated and preferring to work alone. These are good hobbies to talk about if you're applying for a position where independence is an essential skill. On the other hand, if you are looking for a job that requires a significant amount of interaction and teamwork with colleagues, this type of response can make you look like someone who prefers